Ikan Hias Air Tawar Unik di Indonesia (17 Deskripsi + Gambar Ikan)

Banyak sekali spesies dan subspesies ikan air tawar yang ada di dunia dan tak terkecuali untuk jenis ikan hias. Untuk masyarakat pecinta ikan hias, ada beberapa jenis ikan hias air tawar unik yang sangat direkomendasikan untuk dipelihara di Aquarium. Selain mempunyai warna tubuh yang unik dan cantik, berbagai jenis ikan hias untuk air tawar yang ada tentunya terbilang mudah dirawat bahkan dikembangbiakkan di aquarium ataupun aquascape kecil.

Sebenarnya jumlah ikan hias air yang ada di dunia sendiri sangat hampir tidak terhitung. Jumlahnya sendiri bisa berkisar ratusan bahkan sampai ribuan dengan subspesies yang berbeda-beda. Hanya saja tidak semua jenis ikan tersebut layak untuk dijadikan hewan peliharaan dalam rumah. Selain mahalnya harga, soal perawatan sendiri memang jauh lebih sulit. Selain harus lebih ekstra memperhatikan kebersihan air aquarium, soal makanan ikan hias yang seperti itu juga tidak boleh sembarangan.

Di Indonesia sendiri tentunya ada banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang unik dan menarik untuk dipelihara. Selain harganya relatif terjangkau, aneka ikan hias cantik yang beredar di Tanah Air sendiri tentunya juga gampang dalam soal perawatan. Beberapa ikan tersebut diantaranya seperti ikan cupang, ikan koi, ikan arwana, ikan louhan, ikan guppy dan ikan komet. Berikut 51 jenis ikan hias untuk aquarium lengkap dengan deskripsi dan gambar ikan hias yang bisa langsung dikoreksi.

1. Ikan Cupang (Betta sp)

Awalnya jenis ikan hias yang satu ini hanya dikenal sebagai ikan aduan. Hanya saja sudah banyak berbagai perkawinan silang antara indukan ikan cupang yang berbeda sehingga menghasilkan generasi baru yang unik. di Indonesia sendiri salah satu subspesies ikan cupang termahal dan sekaligus terkenal sendiri ialah ikan cupang koi. Seperti namanya yang mana salah satu jenis betta sp tersebut mempunyai ciri tubuh mirip ikan koi. Sirip dan ekornya juga terlihat panjang.ikan cupangIkan cupang sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memang cukup direkomendasikan. Bahkan ikan cupang hias sendiri sudah bisa dipelihara pada aquarium kecil, botol, toples dan sebagainya. Hanya saja jika memelihara ikan cupang dihimbau untuk tidak mencampurkan lebih dari satu ekor dalam satu botol. Sudah layaknya keturunan dari ikan petarung. Ikan cupang sendiri tidak terbilang sangat agresif kepada jenis ikan lain meskipun itu dari sejenisnya sendiri.

2. Ikan Koi (Cyprinus carpio)

ikan koiCyorinus carpio atau lebih dikenal dengan nama ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mungkin lebih cocok dipelihara di kolam. Selain ukurannya lebih besar, pertumbuhan ikan koi yang dipelihara pada kolam besar pertumbuhannya akan jauh lebih maksimal. Banyak sekali subspesies ikan koi yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Salah satu jenis ikan koi yang sudah sangat terkenal di Indonesia sendiri ialah ikan koi Blitar. Selain sudah dinobatkan sebagai spesies ikan koi super, ikan hias tersebut juga sudah dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan bagi setiap pemeliharannya.

3. Ikan Arwana (Scleropages formosus)

ikan arwanaHampir mirip dengan ikan koi, ikan yang bernama latin Scleropages formosus ini sendiri juga sudah dianggap sebagai ikan naga pembawa hoki. Ciri khas dari ikan hias yang satu ini sendiri ialah terdapat dua pasang sungut yang berada di bawah bibirnya. Banyak sekali jenis ikan Arwana yang berada di pasaran. Mulai dari arwana super red, arwana lokal, arwana golden red, arwana silver, arwana albino dan masih banyak lagi. Di perairan bebas, ikan arwana hanya bisa ditemukan wilayah perairan Irian Jaya dan Kalimantan Timur.

4. Ikan Louhan (Flowerhorn)

ikan louhanIkan hias yang satu ini sempat populer dan sempat menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar termahal di Indonesia. Bagaimana tidak, ikan louhan sendiri mempunyai bentuk tubuh yang unik dan mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis ikan hias lain. Ikan ini mempunyai jenong pada bagian kepalanya dan mempunayi warna tubuh yang cerah dan cantik. Sejarah ikan louhan di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1993. Semenjak itu, ikan louhan mulai dibudidayakan dan dikembangkan dengan indukan berbeda yang berhasil menghasilkan varietas ikan louhan yang baru yang unik.

5. Ikan Guppy (Poecilia reticulata)

ikan guppyDi perairan bebas, ikan yang satu ini awalnya hanya bisa ditemukan di Barnados, Guyana, Brazil dan perairan Asia Tenggara. Hampir sulit dibedakan dengan ikan cupang. Hanya saja ukuran ikan guppy paling besar sendiri hanya bisa sampai 5 cm saja. Ikan guppy jantan mempunyai ciri tubuh yang lebih cerah dan indah daripada guppy betina. Siripnya sendiri juga terhitung lebih panjang. Ikan yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk dipelihara. Bahkan guppy sendiri sudah bisa hidup dan berkembang biak di aquarium mini seperti botol kecil.

6. Ikan Mas Koki (Carassius auratus)

ikan mas kokiAwal kepopuleran ikan hias yang satu ini dimulai di China dan Jepang. Pada saat itu jenis ikan air tawar yang satu ini dianggap sebagai ikan para bangsawan. Selain memang mempunyai bentuk dan warna tubuh yang indah, ia juga sudah dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan. Di Indonesia sendiri ikan mas koki sudah menjadi salah satu pilihan ikan hias yang layak dipelihara, Entah itu di dalam aquarium maupun di kolam ikan. Ukuran ikan mas koki sediri rata-rata juga tidak terlalu besar dan bisa dipelihara dalam jumlah yang banyak dalam satu kolam.

7. Ikan Komet (Carassius auratus)

ikan kometSejarah ikan hias air tawar yang bernama latin Carrassius auratus ini di Indonesia sendiri dimulai sekitar tahun 1970 yang dibawa oleh turis Jepang. Bagian yang paling disukai oleh para pecinta ikan hias bisa dibilang pada bagian ekornya yang terlihat panjang dan seakan melambai-lambai. Memang ketika masih berumur anakan, ekor dan siripnya tidak terlalu panjang. Hanya saja jika kebersihan air aquarium dan pakan dikondisikan secara maksimal, maka pertumbuhan ekor dan sirip ikan komet sendiri akan bertumbuh cepat serta sempurna seiring umurnya.

8. Ikan Oscar (Astronotus ocellatus)

ikan oscarMirip dengan ikan cupang yang mana ikan ini terbilang cukup agresif dan tidak begitu ramah terhadap jenis ikan lain. Masyarakat yang memelihara ikan ini kebanyakan memang tidak mencampurnya dengan jenis ikan lain maupun ikan sejenisnya dalam satu aquarium. Perawakannya sendiri memang lebih cenderung mirip ikan konsumsi. Hanya saja ikan oscar sendiri mempunyai kombinasi sisik dan warna tubuh yang unik, sehingga ia lebih difungsikan sebagai ikan hias. Banyak sekali varietas ikan oscar dengan warna tubuh yang bermacam-macam. Mulai dari oscar albino, oscar batik dan masih banyak lagi.

9. Ikan discus (Symphysodon)

ikan discusMungkin pangsa pasar jenis ikan hias yang satu ini di Indonesia memang tidak terlalu ramai. Selain dikarenakan harga per ekornya relatif tinggi, ikan yang bernama latin Symphysodon ini juga agak sulit dalam segi keperawatan sehari-hari. Ikan discus sendiri membutuhkan aquarium besar dan kebersihan air aquarium yang terjaga. Jika tidak, ikan hias air tawar yang satu ini akan mudah sakit dan kemudian mati. Meskipun demikian, ikan discus sendiri masih menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar cukup populer di dunia lantaran karena bentuk tubuhnya yang khas dan itu tidak dimiliki oleh jenis ikan air tawar lain.

10. Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

ikan neon tetraJika ingin memelihara ikan hias lucu dan imut serta gampang dalam segi perawatan, maka ikan neon tetra juga cukup direkomendasikan. Ukurannya sendiri memang kecil, namun warna tubuhnya sangat cerah. Bahkan ketika lampu dimatikan atau pada saat keadaan gelap, tubuh ikan mungil yang satu ini seperti bersinar. Awalnya ikan neon tetra sendiri ditemukan di Amerika Latin tepatnya di sungai Amazon. Sampai saat ini, sudah banyak sekali varietas ikan neon tetra dengan ciri tubuh yang berbeda-beda. Mulai dari neon tetra albino, neon tetra api dan masih banyak lagi.

12. Ikan Aligator Gar (Atractosteus spatula)

ikan aligator garSebelum ditemukan spesies ikan arapaima gigas, ikan aligator gar sempat menjadi ikan air tawar terbesar di dunia. awalnya ikan ini sendiri ditemukan di Amerika Utara dan mulai dikembangkan untuk difungsikan sebagai hewan peliharaan. Layaknya nama yang disematkan padanya, ia mempunyai ciri tubuh yang hampir mirip dengan buaya. Mulutnya sendiri juga dilengkapi gigi-gigi runcing untuk mencabik mangsanya. Sebagai ikan hias, ikan yang satu ini hanya diberi makan daging entah itu berupa ikan kecil, jangkrik, kelabang, udang dan sebagainya.

13. Ikan Arapaima Gigas

ikan arapaima gigasTidak hanya jenis ikan hias air tawar terbesar, ia juga juga sebagai ikan air tawar terbesar di alam liar. Bobot tubuhnya sendiri bisa mencapai 100 kg dengan panjang tubuh bisa sampai 190 cm. Meskipun sudah dinobatkan sebagai ikan terlarang, namun masih banyak masyarakat yang memelihara ikan besar ini sebagai ikan hias. Selain hanya sekedar dijadikan sebagai hewan peliharaan, ikan arapaima sendiri juga kerap dijadikan ikan konsumsi. Di Indonesia sendiri ikan arapaima juga bisa dilihat di berbagai kebun binatang besar di berbagai daerah.

14. Ikan Lele Albino

ikan lele albinoBentuk tubuhnya yang unik merupakan hasil dari kelainan genetik yang dipengaruhi oleh kondisi perairan di habitat aslinya. Mengingat warna tubuhnya yang cukup menawan, ikan lele albino sendiri juga merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup populer. Para pembudidayanya di Indonesia sendiri juga terhitung cukup banyak. Tentunya harga lele albino sendiri lebih mahal daripada lele biasa. Ikan lele albino bisa dipelihara di aquarium dan kolam ikan.

15. Ikan Lemon (Labidochromis caeruleus)

ikan lemonIkan hias yang bernama latin Labidochromis caeruleus ini bisa dibilang lebih disukai lantaran warna kuningnya yang tidak hanya indah. Warna kuning yang meyerupai buah lemon ini sendiri juga terkesan sangat menyala dan segar dipandang. Meskipun demikian, ikan lemon sendiri juga dikenal sebagai ikan agresif yang mana untuk tidak mencampurnya dengan ikan lain dalam satu aquarium.

16. Ikan Micky Mouse (Xiphophorus maculatus)

ikan micky mouseLayaknya ikan mungil pada umumnya. Ikan dengan nama ilmiah Xiphophorus maculatus ini tidak hanya gesit, ia juga dikenal sebagai ikan hias yang cukup agresif. Ikan micky mouse sendiri juga merupakan jenis ikan yang juga cukup direkomendasikan untuk dipelihara. Selain lucu, ikan micky mouse sendiri juga mudah dalam soal perawatan.

17. Ikan Nemo (Amphiprioninae)

ikan nemoMungkin terdengar aneh jika ikan nemo sendiri dijadikan ikan peliharaan rumah. Ikan badut atau juga dikenal sebagai ikan nemo sendiri juga bisa hidup di aquarium. Hanya saja semua itu membutuhkan waktu dan adaptasi yang cukup lama. Lain lagi ceritanya jika membeli ikan nemo pada teman atau pedagang yang sudah berhasil membuat ikan lucu ini menjadi ikan air tawar. Hanya saja ikan nemo air tawar yang ada di pasaran sendiri harganya cukup mahal.

Sebenarnya masih banyak jenis ikan hias air tawar lain yang ada di Dunia. Hanya saja di Indonesia sendiri hanya ada beberapa jenis yang disediakan. Selain bisa dibeli di pembudidaya langsung, ikan hias yang tertera di atas juga bisa ditemukan di pasar ikan besar. Misalnya untuk ikan koi dengan kualitas super yang mana di Indonesia sendiri hanya bisa ditemukan di kota Blitar Jawa Timur. Mungkin cukup sekian informasi sederhana mengenai macam jenis ikan hias air tawar unik dan paling ngetren di Indonesia, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar