20 Jenis dan Harga Ikan Koi Terbaru 2019 + Gambar

Pada dasarnya hampir sudah tidak terhitung lagi jenis ikan koi yang ada di Indonesia. Setiap waktu dilahirkan varietas baru dengan ciri tubuh yang unik dan menarik. Namun hanya ada beberapa varietas ikan koi yang lebih populer dengan kisaran harga pasar cukup fantastis. Ikan koi dengan harga yang semakin mahal memang mempunyai kualitas super. Baik dari segi warna tubuh dan ukuran tubuh tentunya jauh lebih baik daripada ikan koi biasa.

Secara umum, untuk membedakan ikan koi berbagai jenis koi sendiri memang cukup sulit. Dimana seluruh jenis ikan koi mempunyai 3 warna dasar yang sama yakni hitam, putih dan oranye. Yang membedakan satu dengan yang lainnya sendiri ialah hanya sebatas corak dan panjang ekor serta sirip ikan. Jika sirip dan ekornya lebih panjang, biasanya itu merupakan jenis ikan koi dengan kisaran harga di atas rata-rata.

jenis ikan koi
gambar jenis ikan koi

Ikan koi sendiri tidak hanya dikenal sebagai ikan hias. Khususnya untuk warga Jepang dan China, bahkan ikan koi sendiri sangatlah dihormati. Ikan hias kolam tersebut sudah dipercaya merupakan ikan pembawa keberuntungan. Pada masa kekaisaran, ikan koi sendiri juga dijuluki ikan para raja yang hampir menghiasi seluruh kolam ikan pada waktu itu.

Terlepas dari itu semua, banyak sekali jenis dan harga ikan koi yang ditawarkan di pasaran. Di Indonesia sendiri sudah banyak penghasil atau peternak ikan koi sukses. Sebut saja salah satunya ialah ikan koi Blitar yang mana koi yang dihasilkan di kota Blitar tidak hanya sukses di dalam negeri saja, melainkan juga sudah berhasil ekspor ke luar Negeri.

1. Ikan Koi Kohaku

jenis ikan koi kohaku

Untuk mengindentifikasi jenis koi yang satu ini sangatlah mudah. Dimana tubuhnya sendiri hanya mempunyai 2 kombinasi warna yakni putih dan merah saja. Selain kualitas super, sudah juga sudah banyak koi kohaku lokal dengan kualitas biasa yang dijual di pasaran. Untuk masalah harga sendiri sangat relatif. Baik jantan dan betina ikan koi kohaku besar super, setidaknya harganya sekitar Rp 200.000/ekor.

2. Ikan Koi Taisho Sanke

jenis ikan koi taisho sanke

Berdasarkan pendapat kebanyakan pecinta ikan koi, jenis koi taisho sanke ini terhitung cukup laris. Bagaimana tidak, ikan koi taisho sanke sendiri diklaim lebih gampang dalam soal pemijahan. Ciri umum untuk lebih mudah mengenalinya ialah terdapat 3 macam kombinasi warna pada tubuhnya yakni hitam, merah dan putih. Harga per ekor koi taisho sanke dewasa sendiri terhitung cukup mahal yakni sekitar 300 ribuan per ekor.

3. Ikan Koi Goromo

jenis ikan koi goromo

Koromo atau lebih populer dengan nama ikan koi goromo. Varietas yang satu ini sendiri dihasilkan dari perkawinan silang antara indukan koi Kohaku dengan Asagi. Ciri umum untuk lebih mudah mengenali koi goromo sendiri ialah terdapat 4 macam kombinasi warna pada tubuhnya yakni corak warna indigo, ungu, biru dan hitam. Untuk harga ikan koi goromo indukan sendiri juga terbilang tidak murah yakni sekitar Rp 400 ribuan per ekor.

4. Ikan Koi Kawarimono

jenis ikan koi kawarimono

Sangat berbeda dengan ikan koi kebanyakan yang mempunyai ciri khas warna oranye dan putih. Ikan koi kawarimono sendiri mempunyai ciri warna yang berbeda. Mulai dari warna putih polos, emas, ungu polos, cokelat polos dan sebagainya. Kawarimono sendiri merupakan jenis ikan koi non metalik dengan harga yang sedikit lebih murah. Harga ikan koi kawarimono per ekor umur indukan sendiri berkisar Rp 200 ribuan per ekor.

5. Ikan Koi Showa sansoku

jenis ikan koi showa sanshoku

Showa sansoku atau di Indonesia lebih populer dengan mana ikan koi showa. Bisa dibilang ini merupakan jenis ikan koi termahal. Bagaimana tidak, corak pada tubuhnya membentuk motif sangat rumit, namun menarik. Mulai dari ujung kepala hingga ekor, ia mempunyai kombinasi 3 macam warna yakni merah, hitam dan putih. Untuk kualitas super koi showa, harga per ekornya sendiri bisa mecapai 1 jutaan.

6. Ikan Koi Ogon

jenis ikan koi ogon

Koi ogon merupakan varietas kesekian kalinya yang juga bisa dibilang tak kalah menarik. Meskipun hanya mempunyai 1 macam warna, ikan koi ogon generasi pertama mempunyai warna kuning keemasan. Ikan koi ogon sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1946 oleh seorang peternak ikan bernama Sawati. Ini merupakan varietas yang dihasilkan dari perkawinan silang antara ikan koi punggung kuning dengan ikan koi jenis Shiro-Fuji. Harga ikan koi ogon per ekornya sendiri juga relatif cukup mahal yakni bisa sampai 1,5 jutaan.

7. Ikan Koi Shiro Bekko

jenis ikan koi shiro bekko

Koi shiro bekko bisa dibilang salah satu ikan koi yang mempunyai ciri mirip macan tutul. Jenis ikan koi yang satu ini sendiri mempunyai warna dasar putih susu dengan totol warna hitam. Hanya saja di pasaran sendiri persediaan ikan jenis ini sangat sedikit. Selain peminatnya tidak terlalu banyak, harganya sendiri memang sedikit mahal. Untuk harga koi shiro bekko dewasa, berkisar 800 ribuan/ekor.

8. Ikan Koi Hikari moyomono

jenis ikan koi hikari moyomono

Ikan Koi Hikari moyomono mungkin juga salah satu jenis ikan koi yang juga jarang peminatnya di Indonesia. Namun di negara Jepang dan China, jenis ini sendiri masih sangat populer. Ciri ikan yang satu ini sendiri mempunyai warna dasar putih metalik dan mempunyai totol hitam pada punggunya yang bentuknya hampir menyerupai tulang rusuk. Harga Koi Hikarimoyomono per ekornya sendiri di pasaran berkisar Rp 700.000.

9. Ikan Koi Utsurimono

jenis ikan koi utsurimono

Berbeda dengan ikan koi utsurimono yang mana merupakan jenis ikan koi yang mempunyai 3 macam warna dasar yakni jingga, putih dan kuning. Namun seluruhnya mempunyai ciri warna totol-totol hitam di sekujur tubuhnya. Di Jepang sendiri untuk membedakannya jenis koi utsurimono satu sama lain berdasarkan warna sendiri ialah Shiro-Utsuri (warna putih), Hi Utsuri (warna merah) dan Ki Utsuri (warna kuning). Harga per ekor koi utsurimono sendiri berkisar Rp800.000/ekor.

10. Ikan Koi Asagi

jenis ikan koi asagi

Sementara itu varietas ikan koi yang satu ini bisa dibilang lebih mudah dikenali, mengingat corak warna sisik pada tubuhnya. Umumnya jenis ikan koi asagi sendiri mempunyai ciri kepala dengan kombinasi warna merah dan putih. Pada bagian punggungnya serta perutnya terdapat corak warna biru tua. Jika warna birunya semakin mencolok, maka harga ikan yang satu ini bisa lebih mahal. Harga ikan koi asagi per ekor di pasaran sendiri berkisar 1,1 jutaan.

11. Ikan Koi Shusui

jenis ikan koi shusui

Jika dilihat sekilas, ikan koi shusui amat sulit dibedakan dengan koi hikari moyomono. Hanya saja warna merahnya jauh lebih banyak dan dominan. Ciri ikan yang satu ini sendiri mempunyai motif hampir menyerupai bentuk tulang rusuk pada bagian punggungnya. Sementara itu untuk masalah harga ikan koi shusui sendiri mungkin masih relatif terjangkau yakni sekitar 400 ribuan per ekor.

12. Ikan Koi Tancho

jenis ikan koi tancho

Jika ingin memelihara ikan koi dengan ciri tubuh yang lebih simpel dan lebih mudah dikenali, maka ikan koi tancho merupakan salah satu varietas yang direkomendasikan. Seluruh badan jenis koi yang satu ini bewarna putih cerah dan hanya menyisakan totol berwarna merah berbentuk bulat pada bagian jidat. Ikan yang satu ini memang dirancang oleh budidayawan Jepang agar penampilannya mirip bendera negara Jepang. Harga koi tancho super yang ada di pasaran sendiri berkisar 800 ribuan per ekor.

13. Ikan Koi Slayer

jenis ikan koi slayer

Koi kumpay atau penghobi juga kerap menyebutnya sebagai ikan koi slayer merupakan salah satu jenis yang juga sangat diunggulkan. Bagaimana tidak, ini merupakan generasi ikan koi yang mempunyai panjang sirip dan ekor yang jauh lebih dominan. Ketika berenang di dalam air, ikan koi kumpay terlihat lebih indah ketimbang ikan koi biasa dengan sirip dan ekor yang pendek. Harga koi kumpay sendiri otomatis lebih mahal yakni sekitar 1,5 ke atas untuk umur indukan.

14. Ikan Koi Ogon Platinum

jenis ikan koi ogon platinum

Varietas ikan koi yang satu ini terbilang juga banyak peminatnya di Indonesia. Meskipun hanya mempunyai 1 macam warna saja, namun penampilan jenis ikan koi ogon platinum sendiri terkesan sangat mewah. Warna putih silvernya sangat cerah bahkan cenderung menyala. Ikan yang satu ini juga terbilang jenis ikan koi termahal. Untuk ukuran dewasa saja, harga koi ogon platinum per ekor bisa mencapai 1,2 jutaan per ekor.

15. Ikan Koi Ogon Yamabuki

jenis ikan koi ogon yamabuki

Ikan koi ogon sendiri oleh para penggemar ikan koi di Tanah Air sendiri juga kerap dipanggil ikan koi ogon saja atau ogon biasa. Ciri umum ikan koi ogon ini sendiri ialah mempunyai warna dasar kuning keemasan dengan kombinasi warna putih susu pada bagian ujung ekor serta sirip. Harga per ekor ikan koi ogon yamabuki yang ada di pasaran sendiri berkisar 800 ribuan.

16. Ikan Koi Kujaku

jenis ikan koi kujaku

Ikan koi kujaku generasi pertama mempunyai ciri warna dasar silver menyala dengan pola jaring berwarna merah, hitam dan oranye. Selain itu warna sirip dan ekornya sendiri lebih cenderung berwarna putih susu. Jenis ikan koi yang satu ini sedikit lebih terjangkau. Harga ikan koi kujaku sendiri per ekornya sekitar 500 ribuan.

17. Ikan Koi Kujaku Doitsu

ikan koi kujaku doitsu

Inilah adalah varietas kesekian dari indukan koi kujau yang mempunyai pola yang agak berbeda. Ikan koi kujaku doitsu sendiri lebih didominasi warna oranye, putih dan hitam. Warna hitam pada punggunya sendirijuga terlihat sangat unik. Untuk harga koi kujaku per ekornya untuk usia dewasa sekitar 2 tahun sendiri berkisar Rp 450 ribuan.

18. Ikan Koi Kujaku Tancho

ikan koi kujaku tancho

Layaknya ikan koi kujaku yang lain. Hanya saja ia mempunyai motif pada bagian kepala yang memang mirip dengan ikan koi tancho. Jenis koi kujaku tancho sendiri juga merupakan varietas yang unik dan banyak dicari di pasaran. Totol berwarna merah muda pada bagian kepalanya sendiri juga terlihat menarik. Harga koi kujaku tancho per ekor di pasaran sendiri setidaknya berkisar Rp 350 ribuan.

19. Ikan Koi Kujaku Maruten

ikan koi kujaku maruten

Hampir mirip dengan kujaku tancho. Hanya saja ikan koi kujaku maruten pola jaring warna biru tua pada bagian punggunya terlihat lebih dominan mirip dengan koi asagi. Selain itu ukuran mahkota pada bagian kepalanya sendiri juga cenderung lebih besar. Harga kujaku maruten dengan panjang sekitar 30 cm per ekornya sendiri berkisar Rp 500 ribuan.

20. Ikan Koi Kumonryu

ikan koi kumonryu

Juga hampir tidak sama dengan ikan koi pada umumnya yang sudah pasti mempunyai warna merah dan oranye. Ikan koi kumonryu sendiri lebih mempunyai 3 kombinasi warna menarik yakni hitam, abu-abu dan putih. Meskipun demikian, ikan yang satu ini masih sedap dipandang. Harga koi kumonryu per ekornya sendiri bisa mencapai Rp 600 ribuan.

Sebenarnya masih banyak varietas ikan koi, namun di Indonesia sendiri hanya ada beberapa jenis ikan koi yang lebih populer. Kurang lebih berbagai 20 jenis di atas merupakan jenis koi yang paling dicari oleh para pecinta ikan koi di Tanah Air. Harganya sendiri memang di atas rata-rata, namun semua itu tentunya berbanding lurus dengan kualitas ikan koi itu sendiri. Mungkin cukup sekian informasi mengenai macam-macam ikan koi terpopuler di Indonesia, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar