Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi (10 Deskripi & Gambar Ikan)

Tidak hanya lebih enak dan murah, semua jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat sendiri mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang sangat baik untuk membantu kesehatan sendiri ialah ikan gabus. Dimana daging ikan gabus ditengarai mengandung zat albumin yang mana dapat membantu percepatan penyembuhan luka.

Selain ikan gabus, tentunya masih banyak jenis ikan air tawar konsumsi lain yang tak kalah bergizi. Diantaranya seperti ikan nila, ikan patin, ikan bawal, ikan mas dan sebagainya. Semua jenis ikan konsumsi air tawar tersebut sudah memang sangat populer di semua lapisan masyarakat. Sudah banyak sekali jenis hidangan atau masakan ikan konsumsi air tawar. Mulai dari sup ikan, pepes ikan, ikan bakar dan sebagainya.jenis ikan air tawar konsumsiPangsa pasar ikan konsumsi air tawar sendiri memang juga lebih cenderung menjanjikan. Dimana sudah tidak  jumlah petani ikan air tawar sendiri sudah banyak meraup keuntungan berbisnis ikan konsumsi. Pemasaran ikan konsumsi air tawar sendiri jauh lebih mudah ketimbang jenis ikan konsumsi air asin. Selain harga lebih terjangkau, jenis ikan air tawar konsumsi sendiri terbilang lebih mudah untuk dibudidayakan.

1. Ikan Lele (Clarias)

Ikan lele termasuk dari ikan keluarga berkumis yang juga sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Secara garis besar ikan lele yang ada di Indonesia sendiri terdapat dalam 2 jenis yakni lele lokal dan lele dumbo. Hanya saja ikan lele lokal sendiri terbilang lebih laris dan lebih banyak dikonsumsi. Berbeda dengan lele dumbo yang notabenya hanya sekedar digunakan sebagai indukan dan ikan pancing di kolam pemancingan.ikan leleCatfish atau lele sendiri merupakan ikan nokturnal yang mana salah satu jenis ikan air tawar yang lebih aktif pada malam hari. Untuk jenis ikan lele dumbo sendiri, berat maksimal tubuhnya sendiri bisa mencapai 3 kiloan ke atas per ekor. Sementara itu, untuk lele lokal rata-rata panjang tubuhnya 6-9 cm. Ikan lele lokal juga mempunyai senjata yang sudah sangat dikenal yakni patil. Patil lele sendiri hanya dimiliki oleh jenis lele lokal saja. Harga ikan lele per kilo di pasaran sendiri bisa mencapai Rp 24.000 – Rp 30 ribuan.

2. Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Jika dilihat sekilas, ikan nila hitam sendiri amat sulit dibedakan dengan ikan mujair. Hanya jika dilihat baik-baik ciri tubuh ikan nila hitam sendiri sangat berbeda. Ukuran kepala ikan nila hitam sendiri relatif lebih kecil daripada mujair dan mulut nila sendiri juga terlihat lebih menjulur ke depan. Hanya saja ikan nila warnanya cenderung keabuan-abuan dan sementara itu ikan mujair cenderung lebih hitam pekat.ikan nilaNila sendiri termasuk salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang terdapat dalam dua jenis yakni nila merah dan hitam. Selain hidup di perairan air tawar, ikan nila sendiri sudah banyak dibudidayakan di kolam ikan oleh para petani ikan. Dimana pangsa pasar ikan nila sendiri juga terbilang mendominasi. Meskipun demikian, harga ikan nila sendiri terbilang cukup murah yakni sekitar 25 ribuan per kilo.

3. Ikan Patin (Pangasius)

Pangasius atau lebih populer dengan ikan patin merupakan ikan konsumsi air tawar dari keluarga ikan berkumis yang salah satunya ialah lele. Hanya saja patin sendiri terbilang lebih disukai oleh setiap kalangan masyarakat. Selain kalangan para pemancing, para ahli kesehatan sendiri juga lebih merekomendasikan untuk mengutamakan mengkonsumsi ikan patin daripada lele.ikan patinBukan tanpa alasan mengapa bisa demikian yang mana patin sendiri mempunyai kadar lemak tak jenuh sebanyak 50%. Ikan predator tersebut juga mempunyai kandungan DHA dan omega 3 tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil. Sudah banyak sekali jenis masakan atau olahan ikan patin yang cukup populer yang salah satunya ialah masakan sup ikan patin.

4. Ikan Mas (Tor putitora)

Ikan mahseer atau lebih dikenal dengan ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar konsumsi air tawar yang juga tak kalah populer. Sudah banyak sekali jenis masakan ikan mas yang notabenya juga sudah sangat populer. Mulai dari pepes ikan mas, sup ikan mas, ikan mas bumbu pedas dan masih banyak lagi. Spesies air tawar yang juga dikenal dengan nama ikan tombro ini juga cukup terkenal di mata para penghobi mancing.

ikan tombroSerupa dengan jenis ikan konsumsi air tawar lain yang mana ikan tombro sendiri hampir bisa ditemukan di seluruh perairan liar di Indonesia. Entah itu waduk, sungai, bendungan, tambak dan sebagainya. Ikan mas sendiri juga merupakan salah satu jenis ikan budidaya yang cukup populer. Meskipun bukan tergolong ikan konsumsi air tawar dengan harga yang murah, namun masyarakat sendiri kebanyakan sangat menyukai cita rasa daging ikan yang tersebut.

5. Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus)

Sejarah ikan mujair pertama kali ditemukan oleh seorang yang bernama bapak Mujair pada tahun 1929. Ikan yang ditengarai berasal dari Afrika ini sendiri lambat laun mulai ditangkap dan dibudidayakan oleh masyarakat terutama oleh para petani ikan. Bukan tanpa alasan mengingat rasa daging ikan mujair sendiri dinilai paling enak dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi air tawar lain.ikan mujairMembudidayakan ikan mujair sendiri memang tidak begitu sulit. Bahkan ikan mujair sendiri sudah bisa dipelihara di kolam terpal. Apalagi jika masyarakat mau membuat kolam tanah, maka ikan mujair akan lebih sehat dan cepat besar. Di habitat aslinya, ikan mujair menyukai tempat yang tidak terlalu keruh dan termasuk ikan omnivora. Ia menyukai tumbuhan lumut, alga, kutu air dan sebagainya.

6. Ikan Gurame (Osphronemus goramy)

Ini merupakan jenis ikan air tawar konsumsi termahal. Banyak alasan mengapa ikan yang bernama latin Osphronemus goramy tersebut sangat mahal. Selain ukuran ukuran tubuhnya lebih besar, ia juga termasuk ikan dengan cita rasa daging yang enak dan bergizi. Bahkan untuk masakan 1 ekor ikan gurame yang ada di restoran saja, harganya bisa mencapai 100 ribuan per porsi.ikan gurameBerbeda dengan ikan air tawar lain. Ikan gurame sendiri hampir tidak ada di perairan bebas layaknya ikan patin atapun ikan nila. Selain dikarenakan ikan yang mahal, untuk membudidayakan ikan gurame sendiri memang bukan pekerjaan yang mudah. Tidak jarang petani ikan yang sudah berpengalaman selalu mengalami gagal panen ketika membesarkan ikan gurame.

7. Ikan Bawal (pomfret)

Meskipun ikan bawal sendiri masih berkerabat dari ikan piranha dari sungai Amazon, namun ikan bawal sendiri juga termasuk salah satu jenis ikan air tawar konsumsi yang cukup populer di Tanah Air. Daging ikan bawal dinilai lumayan enak dan bergizi. Bahkan ikan bawal sendiri tidak mempunyai duri yang begitu banyak dibanding jenis ikan konsumsi air tawar lain.ikan bawalCiri ikan bawal sendiri mempunyai bentuk badan pipih bewarna oranye ke abu-abuan. Ikan bawal juga mempunyai susun gigi yang cukup tajam. Di kalangan para pemancing ikan sendiri, tidak jarang ikan bawal mampun mematahkan kail pancing. Ikan bawal sendiri kerap di temukan di perairan bebas mulai dari sungai, waduk, bendungan, muara sungai dan sebagainya.

8. Ikan Gabus (snakehead)

Bisa dibilang ikan gabus sendiri bukan termasuk jenis ikan air tawar konsumsi cukup difavoritkan. Hanya saja menurut informasi berbagai ahli kesehatan, justru ikan gabus mempunyai segudang manfaat yang jauh lebih baik bagi kesehatan. Terutama untuk ibu-ibu hamil dan ibu pasca melahirkan yang mana ikan gabus mempunyai zat albumin yang berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka.ikan gabusIkan gabus sendiri termasuk top predator air tawar. Dimana ikan gabus sendiri termasuk ikan paling tangguh air tawar. Meskipun ia hidup di perairan ekstrim sekalipun, ikan gabus mampun bertahan hidup. Ikan gabus sendiri bahkan mempunyai kemampuan untuk mengubur diri dalam tanah ketika air surut dan akan muncul kembali ketika musim penghujan tiba.

9. Ikan Bandeng (Chanos chanos)

ikan bandengMungkin jenis ikan yang satu ini sangat jarang dan sulit ditangkap di perairan bebas. Namun ikan bandeng sendiri sudah banyak dimanfaatkan para petani ikan untuk mengais pundi-pundi rupiah. Bahkan ikan bandeng sendiri termasuk ikan konsumsi dengan harga lebih terjangkau daripada harga ikan air tawar lain.

10. Ikan Wader (Barbodes binotatus)

ikan waderMungkin sub-spesies ikan wader memang hampir tidak lagi terhitung jumlahnya, namun salah satu jenis ikan wader yang digemari oleh masyarakat sendiri ialah wader pari. Ikan mungil yang satu ini memang tidak begitu diprioritaskan, namun ikan wader sendiri layak dikonsumsi.Banyak sekali jenis olahan masakan ikan wader. Selain kerap dijadikan lauk sambal kemangi, ikan wader sendiri juga kerap dijadikan menu utama botok ikan.

Tinggalkan komentar