Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik & Termahal

Semua pasti setuju bahwa ikan cupang sendiri termasuk ikan hias yang gampang dalam segi perawatan. Ikan yang bernama latin Betta tersebut termasuk jenis ikan hias yang sama sama sekali tidak membutuhkan alat sirkulasi udara untuk memberikan oksigen layaknya ikan hias kebanyakan. Selain indah ditaruh di aquarium, jenis ikan hias cupang sendiri sudah bisa hidup walaupun dipelihara di aquascape mini seperti toples kaca.

Banyak sekali varietas ikan cupang yang berhasil dilahirkan dengan penampilan yang unik dan lucu. Secara garis besar, ikan cupang sendiri dikelompokkan dalam 3 jenis yakni jenis cupang aduan, cupang hias dan cupang liar. Awalnya sendiri ikan cupang lebih dikenal dengan ikan aduan. Namun seiring berkembangnya jaman dan lahirnya generasi dengan kualitas yang lebih baik, ikan cupang untuk sekarang ini lebih dikenal sebagai ikan kontes.

ikan cupang liar
gambar ikan cupang liar

Bukan tanpa alasan mengapa awalnya ikan cupang lebih populer dengan istilah ikan aduan. Dimana karakter ikan cupang sendiri terbilang sangat agresif. Ketika dipelihara dalam aquarium, ikan cupang hias sendiri tidak begitu menyukai ikan lain yang hidup bersamanya. Untuk itu, memelihara ikan cupang sendiri memang lebih direkomendasikan tidak memeliharanya lebih dari 1 ekor dalam 1 aquarium mini.

Sementara itu, untuk ikan cupang liar sendiri berbeda dengan jenis ikan cupang hias. Dari segi penampilan, jenis cupang liar tidak terlalu menarik dan amat mudah ditemukan di alam liar. Cupang liar sendiri hampir bisa ditemukan di seluruh lokasi persawahan, rawa, parit, danau dan sebagainya. Meskipun demikian, ikan cupang liar sendiri juga terbilang cukup agresif layaknya keluarga Betta sp yang lain.

Cara Membedakan Jenis Ikan Cupang Hias dan Cupang Aduan

  • Jenis cupang hias sudah pasti merupakan jenis ikan cupang terbaik. Dimana baik dari ukuran dan warna tubuh jauh lebih bagus daripada cupang aduan. Untuk jenis ikan cupang hias, terkadang juga lebih populer dengan istilah cupang kontes. Ikan cupang yang seperti ini biasanya mempunyai kombinasi lebih dari 2 warna pada tubuhnya. Mulai dari warna merah, biru, ungu, oranye, kuning, hitam dan sebagainya.
  • Jenis cupang aduan sudah pasti berbeda dari ikan cupang hias. Ukuran sirip dan ekornya sendiri rata-rata tidak lebih panjang. Namun ikan cupang aduan rata-rata, mempunyai ciri ukuran badan yang cenderung lebih besar. Ciri cupang aduan sendiri cenderung lebih agresif ketika berenang ke sana kemari.

Macam Jenis Ikan Cupang Yang Bagus

Ikan cupang sendiri merupakan ikan yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, baik itu untuk jenis ikan cupang peliharaan maupun ikan cupang liar. Kurang lebih terdapat sebanyak 73 spesies ikan cupang dan tak terkecuali untuk Indonesia sendiri. Hanya saja di pasaran sendiri hanya ada beberapa jenis ikan cupang yang bagus yang mana mempunyai ciri-ciri tubuh yang lebih mudah dikenali dan tentunya juga merupakan jenis cupang terbaik.

1. Ikan Cupang Halfmoon

Pada umumnya terutama untuk cupang hafmoon f1, ia mempunyai ciri-ciri yang amat mudah dikenali. Dimana bentuk sirip dan ekornya seakan menyatu. Tidak hanya itu, ukurannya sendiri juga terbilang amat panjang dan hampir menyerupai bentuk sepotong bulan.

ikan cupang halfmoon
gambar ikan cupang halfmoon

Banyak sekali sub-spesies cupang halfmoon dengan warna tubuh dan ukuran ekor serta sirip yang bervariasi. Mulai dari warna biru, oranye, putih, kuning, ungu dan masih banyak lagi. Salah satu jenis cupang yang bisa dibilang paling terkenal sendiri ialah cupang halfmoon koi. Dimana merupakan jenis cupang dengan perpaduan warna menarik dengan ukuran tubuh yang diatas rata-rata.

2. Ikan Cupang Serit

Crown tail atau di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan ikan cupang serit. Bukan tanpa alasan mengapa spesies ikan hias air tawar tersebut dinamai demikian. Jenis ini sendiri mempunyai ciri ekor yang bentuknya memang hampir menyerupai mahkota.

ikan cupang serit
gambar ikan cupang serit

Struktur tulang pada cupang serit sendiri mempunyai serit secara terpisah-pisah antara satu dengan yang lainnya. Jenis ikan cupang hias yang satu ini juga diklaim generasi yang terhitung sangat agresif dibandingkan dengan jenis lain. Meskipun demikian, harga ikan cupang serit yang ada di pasaran sendiri masih relatif terjangkau.

3. Ikan Cupang Double Tail

Hampir mirip dengan crown tail. Hanya saja jenis ini sendiri mempunyai bentuk ekor yang terbelang atau bercagak dua. Biasanya istilah yang lebih gampang untuk menyebut cupang satu ini ialah cupang ekor ganda. Panjang ekornya sendiri juga tidak lebih panjang daripada crown tail.

ikan cupang double tail
gambar ikan cupang double tail

Ikan yang satu ini juga kerap disebut ikan cupang aduan. Dimana ia juga dikenal sebagai jenis yang cukup agresif. Hanya saja jenis yang satu ini peminatnya di Indonesia sendiri tidak begitu banyak. Selain mempunyai ciri tubuh yang kurang begitu bagus, harganya sendiri memang sedikit lebih mahal.

4. Ikan Cupang Plakat

Plakat sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa Thailand yang berarti Tarung. Awalnya tradisi mengadu ikan cupang plakat sendiri memang dimulai dari negara Thailand, sehingga istilah mengenai ikan aduan sendiri banyak diasoasikan dari negara tersebut.

ikan cupang plakat

Cupang plakat sendiri ciri sirip dan ekornya yang sangat pendek, sehingga pergerakan berenang jenis cupang hias yang satu ini jauh lebih agresif. Selain warna dari jenis ikan yang satu ini juga tidak terlalu mencolok. Di pasaran sendiri harga cupang yang satu ini juga terbilang tidak terlalu mahal.

5. Ikan Cupang Giant

Untuk memelihara jenis ikan cupang hias yang satu ini mungkin lebih sulit. Dimana ukuran panjang badan cupang giant sendiri bisa mencapai 12 cm. Kebersihan air dan pemberian pakan ikan cupang giant sendiri harus lebih diperhatikan. Mengingat ukuran badannya lebiuh besar, sehingga air aquarium sendiri cepat keruh.

ikan cupang giant
gambar ikan cupang giant

Banyak sekali varietas cupang giant. Ikan cupang terbesar yang satu ini kerap dijadikan indukan utama untuk melahirkan berbagai jenis cupang lain seperti halfmoon koi giant, serit giant, crowntail giant dan sebagainya. Harga cupang giant f1 sendiri juga sedikit lebih mahal.

Daftar Pasar Ikan Hias Terbesar Di Indonesia

  • Pasar Ikan Hias Gunung Sari (Surabaya)
  • Pasar Ikan Hias Splendid (Malang)
  • Pasar Ikan Hias Johar (Semarang)
  • Pasar Ikan Hias Pekalongan (Jawa Tengah)
  • Sentra Ikan Hias Slipi (Jakarta)

Tidak semua jenis ikan cupang direkomendasikan untuk diadu. Dimana di beberapa negara lain seperti Amerika, mengadu ikan cupang sendiri termasuk kegiatan yang melanggar hukum. Oleh sebab itu, di negara tersebut ikan cupang sendiri hanya difungsikan sebagai ikan kontes atau ikan hias saja. Mungkin cukup sekian informasi sederhana mengenai macam jenis ikan cupang hias, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar