Umpan Ikan Nila (Liar, Sungai, Kolam) Terbaru 2019

Siapa yang tidak mengenal jenis ikan yang bernama latin Oreochromis niloticus ini. Terutama untuk kalangan angler di seluruh negeri yang mana ikan nila sudah menjadi salah satu target ikan buruan. Entah itu ikan nila liar, kolam maupun sungai. Bahkan ikan nila sendiri termasuk jenis ikan konsumsi favorit para pemancing lantaran cita rasa daging ikan nila sendiri yang memang cukup lezat.

Hanya saja tidak jarang para pemancing sendiri kerap kebingungan dalam memancing ikan nila. Berbeda dengan ikan predator lain seperti ikan gabus ataupun toman yang notabenya lebih mudah ditangkap. Ikan nila sendiri sangat mirip dengan ikan mujair yang mana juga sangat malas makan. Baik itu untuk ikan nila merah maupun hitam terhitung sama saja yang mana harus membutuhkan jenis umpan yang tidak biasa. Umpan ikan nila merah dan nila hitam sendiri memang harus dibuat secara khusus.

Sebenarnya ikan nila merah maupun hitam sendiri sudah bisa didapatkan dengan hanya bermodalkan jenis umpan alami. Beberapa jenis umpan mancing ikan nila yang alami sendiri beberapa diantaranya ialah lumut, cacing, jangkrik, kroto dan sebagainya. Untuk umpan alami sendiri biasanya kebanyakan pemancing lebih banyak menggunakan tumbuhan lumut yang tidak terlalu tua. Ciri warna lumut yang bagus untuk memancing ikan nila sendiri ialah hijau muda.umpan ikan nilaUntuk lebih menarik perhatian dan memancing selera makan ikan nila pada saat di dalam air sendiri, biasanya para ahli sendiri juga menambahkan berbagai ramuan atau larutan essen dengan berbagai macam rasa. Essen yang bagus untuk ikan nila sendiri ialah essen daun pandan. Berikut racikan umpan ikan nila hitam dan merah dengan bahan dasar pelet yang bisa langsung dikoreksi.

Racikan Umpan Ikan Nila Liar dan Kolam Harian

  • Racikan Mancing Ikan Nila 1.
  • Bahan = 1 bungkus pelet 781, 1 genggam beras putih.
  • Cara Mengolah = Uleni atau tumbuh semua bahan menjadi satu dalam ember atau wadah tertentu. Kemudian tambahkan iar hangat secupnya. Setelah itu aduk kembali adonan sampai merata dengan tekstur yang tidak terlalu lembek. Setelah dirasa cukup kemudian bentuk kecil-kecil seperti bola dalam beberapa bagian sesuai ukuran mata kail pancing atau sesuai dimulus ikan nila.
  • Racikan Umpan Macing Ikan Nila 2.
  • Bahan = Siapkan 1 bungkus pelet 781, 1/4 udang rebon, essen aroma udang.
  • Cara Mengolah = Pertama udang rebon harus ditumbuk dulu sampai halus. Setelah itu masukkan pelet 781 dan tambahkan air hangat secukupnya. Kemudian, aduk kembali semua bahan tersebut sampai merata hingga teksturnya tidak terlalu lunak. Setelah dirasa cukup kemudian bentuk adonan sesuai keinginan.

Umpan Ikan Nila di Sungai

  • Mie instan = cara mengolahnya sendiri ialah pertama tumbuk atau haluskan dulu mie instan. Kemudian tambahkan kuning telur dan air hangat secukupnya supaya pulen. Kemudian bentuk sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Tahu.
  • Tempe.

Umpan Alami Untuk Ikan Nila

  • Cacing tanah merah.
  • lumut yang tidak terlalu tua.
  • jangkrik.
  • udang kecil.
  • kroto.

Cara Memancing Ikan Nila

Pada dasarnya tidak hanya aturan yang baku bahwa menggunakan racikan umpan ikan nila berbahan dasar pelet akan jauh lebih cepat mendapatkan ikan ikan yang susah makan. Namun semuanya juga belum tentu yang mana bukan tidak mungkin pemancing sendiri bisa mendapatkan ikan nila yang banyak ketika memancing ikan nila dengan hanya bermodalkan umpan ikan alami. Tepat atau kurang tepatnya memancing ikan nila sendiri tentunya juga tergantung faktor lain.

umpan ikan nila merahMemancing ikan nila sendiri memang jauh lebih tepat menggunakan piranti joran tegek. Selain itu, waktu memancing ikan nila liar maupun kolam sendiri akan jauh lebih baik dilakukan pada saat pagi, sore dan malam hari. Terlebih lagi dilakukan pada saat hujan, maka kesempatan mendapatkan ikan nila babon sendiri akan jauh lebih besar.

Selain itu, jika target buruan itu ikan nila kecil maupun babon, maka sebaiknya menggunakan nomor mata kail pancing yang pas. Minimal nomor mata kail untuk memancing ikan nila sungai, waduk atau kolam sendiri nomor 1 sampai nomor 4. Rangkaian kail pancing untuk memancing ikan nila sendiri juga berbeda. Rangkaian kail pancing ini sendiri juga sudah banyak dijual di berbagai toko pancing di seluruh Indonesia.

Cara Mancing Ikan Nila dengan Lumut

Umpan ikan nila yang sederhana dan paling banyak digunakan sendiri ialah lumut. Umpan yang satu ini tentunya tidak begitu ribet dan lebih mudah didapatkan. Agar lebih maksimal, umpan lumut untuk ikan nila sendiri harus diberi larutan atau essen dengan berbagai macam rasa. Essen dengan aroma pandan tentunya jauh lebih direkomendasikan. Caranya sendiri ialah tuangkan air bersih dalam wadah kemudian masukkan larutan essen dan lumut. Setelah itu aduk hingga merata. Berikut tips mancing ikan nila yang susah dipancing.umpan ikan nila babon

  • Gunakan rakaian pancing lumut setidaknya mata kailnya ada 3 biji. Nomor mata kail sendiri sebaiknya tidak lebih dari nomor 2. Meskipun ukuran kecil, namun mata kail ini sendiri sudah sangat pas di mulut ikan nila merah dan ikan nila hitam anakan maupun babon.
  • Sebaiknya menggunakan jenis senar nylon yang bening dan jangan menggunakan senar PE. Dimana senar nylon ketika di dalam air sendiri tidak bisa dilihat oleh ikan, sehingga ikan sendiri tidak ragu-ragu untuk mendekat dan menyambar umpan. Selain mempunyai indeks bias air yang tinggi, senar nylon sendiri juga mempunyai daya pegas ketika disambar ikan sehingga baik joran maupun senar tidak gampang putus.
  • Jika target yang diinginkan nila babon, maka umpan harus dipastikan hampir mendekati dasar air. Jika memancing dibendungan, maka pastikan umpan harus dilempar agak ke tengah. Dimana ikan nila babon sendiri lebih banyak menghabiskan waktunya di dasar air baik untuk bersembunyi maupun saat berburu.

Bisa atau tidaknya medapatkan ikan nila sendiri tentunya juga tidak hanya tergantung umpan yang digunakan. Tentunya semua juga tergantung faktor keberuntungan. Mungkin cukup sekian informasi mengenai racikan resep umpan ikan nila untuk kolam harian, sungai, waduk, bendungan, malam hari dan sebagainya. Semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar