Umpan Ikan Patin Kolam dan Liar Terbaru 2019

Sama halnya dengan ikan predator yang ada di kolam pemancingan lainnya yang mana ikan patin sendiri terbilang lebih susah ditangkap. Ikan patin kolam tentu lebih sulit ketimbang ikan patin liar lantaran rata-rata ikan sudah kenyang sehingga agak malas makan. Oleh sebab itu, menggunakan racikan umpan ikan patin berbahan dasar pelet sendiri memang sudah menjadi keharusan untuk ukuran ikan yang sudah makan.

Ikan patin sendiri merupakan jenis catfish yang mana masih berkerabat dengan ikan lele. Jika semisal dibandingkan dengan lele, ikan patin sendiri lebih disukai oleh para angler. Selain dagingnya memang lumayan enak, tenaga ikan patin dinilai lebih kuat sehingga sensasi bertarung dengan ikan patin jauh lebih seru. Selain menggunakan umpan alami dan racikan, pemancing sendiri terkadang juga menggunakan umpan mainan dengan menggunakan piranti joran baitcasting.

Untuk jenis ikan patin liar sendiri mungkin memang bisa menggunakan para pemancing menggunakan teknik casting. Hanya saja lain lain ceritanya untuk ikan patin kolam yang mana tetap harus menggunakan teknik mancing dasaran. Teknik mancing dasaran  sendiri membutuhkan umpan alami maupun umpan buatan. Untuk kategori  resep umpan ikan patin buatan sendiri merupakan umpan yang dibuat dari bahan dasar pelet yang sudah tercampur dengan bahan lainnya. Tentunya umpan ini sendiri juga sangat manjur dipergunakan untuk mancing patin di segala macam jenis spot.umpan ikan patin

Umpan Ikan Patin di Kolam

NoBahan umpanCara Mengolah
1.2 kuning telur ayam, tepung pelet, tepung udang, pelet PF 1000masukkan semua bahan dalam 1 wadah. Kemudian uleni atau aduk-aduk hingga merata sampai teksturnya kental. Setelah itu, bentuk umpan patin tersebut sesuai ukuran yang diinginkan atau sesuai nomor mata kail pancing yang digunakan.
2.Kelapa tua, irisan tempe mentah secukupnya, 5-8 tetes essen ikan masParut terlebih dulu kepala secukupnya. Kemudian blender dulu irisan tempe bersama air santan. Masukkan dalam wadah tertutup dan biarkan selama beberapa hari. Jika akan digunakan beri larutan essen dalam beberapa tetes

Umpan Ikan Patin Liar

Ikan patin liar berbeda dengan ikan patin kolam. Selain lebih gesit dan tenaganya kuat, ikan patin liar sendiri juga jauh lebih mudah makan. Ketika lapar ikan patin liar sendiri tidak pilih-pilih makanan. Entah itu makanan alaminya atau makanan racikan. Memancing ikan patin liar sendiri mungkin akan jauh lebih manjur ketika dilakukan pada saat hujan atau pada saat malam hari.

  • Cacing Merah = Cacing sendiri untuk ikan patin sendiri juga tidak sembarangan. Dimana cacing sendiri terdapat dalam berbagai jenis ada yang bewarna merah dan ada yang tidak. Akan jauh lebih baik memilih cacing merah. Bukan tanpa alasan, mengingat warna merah pada cacing merah sendiri lebih gampang menarik perhatian ikan patin ketikan di dalam air.
  • Undang kecil = Akan lebih baik menggunakan umpan udang yang masih hidup. Istilah dalam dunia pemancingan. Umpan hidup sendiri biasanya dinamai dengan istilah umpan live bait. Fungsinya sama dengan cacing merah yang mana udang yang masih hidup lebih bisa menggoda ikan patin untuk menyambar umpan.
  • Ulat.
  • laron.
  • kroto.
  • katak kecil yang masih hidup.

Essen Ikan Patin Kolam Galatama

  • Essen ikan patin Taiki(Cocok untuk kolam dengan kadar keasaman >/= 8.0)
  • Essen ikan patin Takara (Cocok untuk kolam dengan kadar keasaman 7.5)
  • Essen ikan patin Takahiro (Cocok untuk kolam dengan kadar keasaman 7.0)
  • Essen ikan patin Takeshi (Cocok untuk kolam dengan kadar keasaman 6.5)
  • Essen ikan patin Takumi (Cocok untuk kolam dengan kadar keasaman 6.0)
  • Essen ikan patin Tomiko (Cocok untuk kolam dengan kadar keasaman < atau = 5.5)

Ikan patin lebih menyukai essen dengan rasa atau aroma amis dan anyir. Berbagai merk essen terbaik untuk memancing ikan patin untuk kola harian maupun kolam galatama tersebut mempunyai spesifikasi berbeda-beda. Hanya saja untuk masalah harga essen ikan patin tersebut sama. Seluruhnya dibanderol dengan harga sekitar 70 ribuan per botol.

Tips Memancing Ikan Patin di Kolam

umpan ikan patin kolamKecuali di seluruh perairan Kalimantan entah itu muara maupun sungai, ikan patin sendiri sangat jarang ditemukan di perairan besar di daerah lain. Ikan patin sendiri hanya tersedia di berbagai kolam pemancingan maupun kolam perlombaan. Ikan patin kolam sendiri memang cenderung lebih sulit makan dan sangat sensitif. Selain menggunakan racikan umpan ikan patin berbahan dasar pelet, tentunya ada berbagai faktor lain yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan catfish tersebut.

  • Gunakan piranti joran spinning ataupun baitcasting (jangan joran tegek).
  • Pasang senar leader dan apung.
  • Senar leader sendiri lebih mempunyai bias air yang tinggi sehingga tidak terlihat ketika di dalam air.
  • Mata kail pancing yang digunakan minimal nomor 5 ke atas.
  • Waktu memancing akan jauh lebih tepat dilakukan pada saat tengah malam atau pagi hari.

Berbeda dengan ikan toman ataupun ikan gabus. Ikan patin sendiri merupakan predator yang tidak terlalu aktif. Ia lebih memilih bersembunyi dan menunggu mangsa lewat ketimbang berburu. Lain lagi ceritanya ketika permukaan air naik atau pada saat hujan turun. Dimana kadar oksigen pada kolam maupun sungai secara otomatis naik, sehingga ikan juga mudah sekali lapar. Mungkin cukup sekian informasi sederhana mengenai racikan umpan ikan patin alami maupun buatan, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar